Jumat, Juni 05, 2009

Nasi Timbel + Diet ?


Bingung cari makanan enak dan murah-meriah di Bandung? Mahasiswa Bandung atau para pelancong yang berkunjung ke Bandung, wajib mencoba panganan khas, Nasi timbel, di daerah Ciliwung. Nasi Timbel Istiqomah namanya. Warung milik Hajah Dede ini berdiri sejak tahun 1995. Harganya murah meriah, kita bisa mendapatkan hidangan lengkap, yaitu nasi timbel, ayam, tahu, tempe, ikan asin, serta lalap sayur, hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 13 ribu.


Nasi timbel Istiqomah tadinya bertempat di wilayah kaki lima depan Mesjid Istiqomah. Warung nasi timbel ini lebih terkenal dengan sebutan Nasi Timbel Istiqomah walau tempatnya sudah pindah ke Jl.Ciliwung no.4, tepatnya di depan SMK 2 Bandung. Menu andalannya tentu saja nasi timbel, tapi ada beberapa perbedaan dengan nasi timbel yang dijajakan di tempat lainnya. Disini tersedia tiga macam nasi yang bisa dipilih, ada nasi putih, merah, dan hitam.

Yang menarik adalah nasi hitam dan nasi merahnya. Ternyata nasi-nasi tersebut baik untuk orang yang sedang diet. Tentu saja ini menjadi kabar baik bagi mahasiswa, khususnya para wanita yang ingin tetap dapat menyantap hidangan lezat, tapi juga bisa menjaga berat dan bentuk tubuhnya.

Selain itu, ada beberapa jenis sambal untuk teman menyantap nasi timbel dan lauknya. Ada sambal terasi, sambal kacang, sambal leunca, dan sambal kecap. Beragam jenis sambal ini bisa menggoyang lidah dengan rasa yang unik dan berbeda-beda. Lalapan segar juga tersedia untuk menambah cita rasa khas sunda panganan ini.

Di Nasi Timbel Istiqomah juga tersedia berbagai jenis panganan seperti ikan mas, ayam, babat, usus sapi, berbagai macam pepes. Hadir pula es durian serta sop buah sebagai pelengkap waktu makan. Kita tidak perlu menunggu lama untuk menyatap nasi timbel dengan berbagai lauknya. Unik, karena kita dapat mengambil langsung nasi dan lauk yang sudah dijajakan di etalase. Tak perlu khawatir, makanan yang disediakan dalam keadaan hangat. Kita juga bisa memesan makanannya untuk dihangatkan.

Kita harus sesegera mungkin datang ke Warung Nasi Timbel Istiqomah jika tidak ingin kehabisan. Warung yang mulai berdiri di Ciliwung, sejak 2002 ini memang selalu dipadati pengunjung, mulai dari mahasiswa, pegawai, hingga keluarga. Setidaknya itulah pengamatan kami selama ini, Hajah Dede pun mengakuinya.”ya, setiap hari, memang selalu ramai. Pasti selalu habis setiap harinya,” ujar pemilik warung tersebut.



Narasumber: Hj. Dede (pemilik Nasi Timbel Istiqomah)


6 komentar:

  1. duh saya jadi lapar begini
    hahaha

    BalasHapus
  2. yes keren2...

    pas banget gw mau diet...

    hahahaha...

    BalasHapus
  3. klo makanan buat ngegendutin badan secara instan ada gak yah ?? hohoho

    BalasHapus
  4. kalian berhasil membangkitkan rasa lapar saya!!
    sukses buat kalian

    BalasHapus
  5. ini makanan yang cocok buat teman saya yang mau diet(deedee,jakah,dudung,gama,makino)
    ada info tempat makan yang langsung bikin gendut gaa? buat teman saya tuhh (ifa,tito,robby)

    -nunk

    BalasHapus
  6. denger kata timbel apa lagi istiqomah, beuh luar biasa. . masa2 sma ampe sekarang masuk kuliah tetep masi buming n penuhh gag kalah saing.
    bener kata artikel di atas, sesuai bwangt ama doku pas ( pas banyk2 pas kangker2 ) terutama buat mahsiswa.
    ada yang kurang juga di tambah sop buahnya. . beuh, nasi item merah ato putih pke sambel nya, pke ayam lalaban. . mknyussss, laper ya timbel istiqomah

    BalasHapus